Salsabila Amara Dika, (foto : Instagram)

Salsabila Amara Dika, Gadis Asli Padang Panjang menjadi pemenang di ajang Putri Hijab Influencer Sumatera Barat 2024. ini sosoknya.

Salsabila Amara merupakan gadis kelahiran Perawang 16 Oktober 2002 ini berhasil mengalahkan 45 peserta lainnya sehingga menjadi juara dan terpilih menjadi Putri Hijab Influencer Sumatera Barat Tahun 2024 yang dilaksanakan di Hotel Bumi Minang Padang, Sabtu, (18/5) lalu.

Gadis cantik yang akrab di sapa akrab Lala ini merasa bersyukur bisa meraih juara di ajang Putri Hijabfluencer Sumatera Barat tahun 2024 ini.

Ia menyampaikan, ini merupakan beauty pageant pertama yang ia ikuti. pengalaman pertama dengan modal nekat hingga membuat bangga keluarga dan mengharumkan nama daerahnya Padang Panjang.

“Alhamdulillah saya bersyukur bisa meraih juara dan membanggakan keluarga saya dan masyarakat Padang Panjang,” kata Salsabila Kamis, (27/6/2024).

Salsabila Amara Dika foto bersama Bunga Savira Putri Hijab Sumbar 2023 usai dinobatkan sebagai Putri Hijab Sumbar 2024.

Awalnya Anak bungsu dari keluarga Adi Nursyah dan Desnila Eka Putri ikut putri hijab karna ingin upgrade diri dan mencari kesibukan saja.

“Karena dalam setahun terakhir cukup struggle jadinya ingin mencoba lampiaskan masalah yang ada buat ke hal yang positif salah satunya coba daftar putri hijab dan alhamdulillah langsung tertarik,” ungkap Mahasiswi Semester 6 jurusan Biologi Universitas Andalas ini.

Ia tertarik dengan putri hijab dikarenakan merasa punya passion seperti hobi bikin konten, tertarik dengan dunia fashion, dan yang pastinya visi misi dari putri hijab yaitu gerakan perubahan dan istiqomah.

“Jarang sekali pageant yg mengutamakan perempuan berhijab di dalamnya, jadi aku merasa ikut putri hijab bisa mewadahi dan mengembangkan passion aku tanpa terlepas dari perempuan muslimah berhijab,” ujar Lala.

Sejak kecil, Lala tertarik pada bidang seni dan bahasa, seperti tari, puisi, pidato, story telling, dan lainnya. Hal inilah yang kemudian menjadi kebiasaan baginya untuk tampil percaya diri di depan umum. Dari Hobi ini membawanya meraih prestasi di bidang non-akademik dari bangku SD hingga saat ini.

Bakat seni yang sudah ada pada dirinya dari keluarga yang kebanyakan juga orang seni, membuat Lala lebih percaya diri untuk tampil di depan umum.

“Keluarga juga kebanyakan orang seni jadi cukup di dukung di bidang ini. Untuk seni seperti nari itu dari mama, kalo bahasa dan public speaking kyk pede tampil di depan umum itu dari papa,” jelasnya.

Salsabila Amara foto bersama ibunya. (Dok. Pribadi)

Gadis cantik Asli Padang Panjang ini, senang mencoba hal-hal baru. Selain kesibukan akademik dan non-akademik di lingkungan kampus, ia juga tertarik pada pengembangan teknologi informasi dan media sosial. Hal ini mendorongnya untuk terus belajar menciptakan konten yang inspiratif di bidang saya melalui platform sosial media dengan mulai belajar perlahan seperti mengikuti beauty community dan affiliate sebagai langkah awal.

Ia juga telah mengelola small business pribadi seperti preloved dan korean bouquet. Ia memanfaatkan sosial media untuk pemasaran produk bucket usaha kecilnya.

Kebiasaan ini yang membuat dirinya cukup tertarik dengan dunia konten hingga mencari wadah yang dapat mendukung minat dan potensi saya tersebut dan sebagai bentuk level up diri kedepannya.

Keputusan besar yang diambilnya untuk mengikuti Putri Hijab Sumbar 2024 ini penuh dengan banyak perjuangan.

Dimulai sebelum audisi resmi dibuka, ia sudah melakukan riset dan searching tentang putri hijab sejak tahun 2023. ia melakukan persiapan dengan mengasah kemampuan public speaking, memperdalam pengetahuan tentang fashion, hijab, agama dan yang pasti menjaga kesehatan fisik dan mental.

Karena proses seleksinya cukup ketat, mulai dari seleksi berkas hingga wawancara dan berbagai tes kemampuan. Setiap tahapan tentu perlu usaha yang cukup keras.

“Aku ingin menonjolkan keunikan diri serta menunjukkan bahwa aku memiliki nilai plus disini, salah satu target aku awalnya ingin masuk menjadi top bakat, untuk itu aku berusaha menonjolkan bakat dengan menampilkan tari dan puisi sekaligus, dan alhamdulillah masuk ke top 5 bakat putri hijab sumbar, dan menjadi juara,” imbuhnya.

Dalam perjalanannya hingga menjadi juara Putri Hijab Sumbar 2024 ini, banyak suka dan dukanya dalam mencapai puncak kemenangannya.

Sukanya, yang pasti banyaknya ilmu dan pengalaman baru yang cuma bisa didapatkan disini. bisa bertemu dengan banyak orang hebat yang menjadi inspirasi dan belajar banyak tentang bagaimana mempresentasikan diri dengan baik.

Dukanya, tentu saja ada tekanan dan tantangan. kadang merasa lelah dan kurang percaya diri, terutama ketika berhadapan dengan peserta lain yang juga sangat luar biasa hebat. apalagi aku juga disibukkan dengan jadwal kuliah yg cukup padat. Namun, setiap kali merasa down, selalu ingat tujuan awal.

Menjadi pemenang Putri Hijab Sumbar 2024 adalah pengalaman yang luar biasa dan penuh syukur. Perasaan campur aduk antara bahagia, bangga, dan sedikit tidak percaya ketika diumumkan sebagai queen phs.

“Ini bukan hanya pencapaian pribadi, tetapi juga representasi dari semua usaha yang aku lalui. karna memang untuk ikut nggak bisa cuma sekedar mau, melainkan harus benar benar siap, alhamdulillah niat baik akan dibalas dengan hal baik juga,” tutur Lala.

Masih kata Lala, sebagai pemenang, justru semakin merasa memiliki tanggung jawab besar untuk menjadi inspirasi bagi banyak orang, terutama para perempuan muda.

harapannya bisa menginspirasi mereka untuk terus mengejar mimpi, tidak takut untuk keluar dari zona nyaman, dan selalu berusaha mengembangkan potensi diri.

“Kemenangan ini adalah awal dari perjalanan baru yang lebih besar, dan insyaallah siap menghadapi tantangan berikutnya dengan semangat yang lebih tinggi,” tutupnya. (sephil)